Senin, 01 Desember 2014


GenRe (Generasi beRencarana) adalah ramaja dan pemuda yang memiliki pengatahuan, bersikap dan berperilaku sebagai remaja dalam rangka menyiapkan kehidupan berkeluarga.

Remaja GenRe mampu melangsungkan jenjang2 pendidikan secara terencana, berkarir dalam pekerjaan secara terencana.
Serta menikah dengan penuh perencanaan sesuai siklus kesehatan reproduksi.

Tujuan GenRe?
Adalah mencapai Tegar Remaja/Mahasiswa dalam rangka Tegar Keluarga untuk mewujudkan Keluarga Kecil Bahagia Sejahtera (Sakinah, Mawadah dan Warrahmah. Gitu.

Ciri-ciri GenRe
1.     Menunda Usia pernikahan atau mencegah pernikahan dini yang berakibat fatal bagi bayi yang dilahirkannya, juga ibu yang melahirkan. Resikonya adalah meninggal.
2.     Berperilaku sehat.
3.     Terhindar dari Free sex, HIV, dan AIDS serta NAPZA
4.     Bercita-cita membahagiakan orang tua.
5.     Menjadi contoh atau sumber indormasi bagi teman sebayanya.
Kegiatan program GenRe.
1.     Promosi penundaan usia kawin, utamakan sekolah, berprestasi dan berkarya.
2.     Pernyediaan Informasi Kesehatan Reproduksi seluas-luasnya (PIK Remaja – Mahasiswa) sehingga tidak terjebak Narkoba, HIV dan AIDS serta kehamilan yang tidak diinginkan.
3.     Promosi merencanakan kehidupan berkeluarga dengan sebaik-baiknya (kapan menikah? Kapan mempunyai anak? Berapa jumlah anak? Dsb)

PUP (Pendewasaan Usia Perkawinan)
PUP sebagai upaya untuk meningakatkan usia pada perkawinan pertama, sehingga pada saat perkawinan mencapai usia minimal 21 tahun bagi perempuan dan 25 tahun bagi laki-laki, sehingga memberi kontribusi terhadap keturunan.

Tujuan PUP
Untuk memberikan pengertian dan pemahaman serta kesadaran kepada remaja agar dalam merencanakan keluarga, dapat mempertimbangkan berbagai aspek baik yang berkaitan dengan usia (minimal bagi perempuan 20 tahun dan laki-laki 25 tahun) juga yang berkaitan dengan aspek fisik, ekonomi, serta menentukan jumlah dan jarak kelahiran.

***

Selain itu masih banyak lagi program GenRe, seperti: lomba rap, mading, jambore dan debat yang dilaksanakan tiap tahun sampai tingkat nasional. SMK N 11 juga sering berpartisipasi dalam kegiatan itu mulai dari perlombaan hingga seminar tingkat Nasional.

Nah, sekolah kita juga menyediakan untuk kalian yang minat menjadi ‘sobat genre’. Caranya mudah, tinggal kalian ikut ekskul PIK Remaja di sekolah kita, yang dibina oleh Bu Annisa, guru BP kita. (Jurnalis Pelajar SMK N 11 Jakarta, 01 Desember 2014).
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Kamu Pembaca Ke

Random Post

Galeri foto

Galeri foto

Ikuti media sosial kami