Minggu, 14 Mei 2017







 Ketika lu baru aja lulus, pasti ada banyak orang yang mendekati lu dan memberikan wajengan. Entah bagaimana, mereka dengan sendirinya akan bercerita tentang kesulitan hidup. Tentang sulitnya mendapat pekerjaan, kuliah, gaji, dan masih banyak lagi. Yang nggak jarang itu semua malah bikin lu ngedown. Dan itulah yang gue juga alami sendiri. 

            Setelah gue berpikir lebih dalam, gue menemukan satu hal bahwa semuanya tergantung pada diri sendiri. Banyak orang yang bilang ke gue kalau untuk mendapat pekerjaan, harus ada orang yang bawa. Semua orang bilang begitu ke gue, dan mereka menjelaskan betapa sulitnya kerja dan, banyak lagi, yang semuanya, pokoknya berbau tentang kesulitan dan kesulitan.

            Tapi nyatanya, gue mendapat pekerjaan tanpa ada orang yang bawa, gue dapet kerja lewat jobstreet, dan dengan begitu gue bisa bilang bahwa nggak harus ada orang yang bawa, atau dengan kata lain, ada orang dalem, seseorang baru bisa bekerja. Pekerjaan ada di tangan lu sendiri.
            Kembali lagi, semua tergantung pada diri sendiri.

            Ketika baru aja lulus, lu seakan adalah anak kecil yang baru mengenal dunia, yang baru bisa mengenal kata MAMA dan PAPA. Masih sangat polos dengan dunia yang keras, dunia yang sebenarnya. Walau ketika sekolah lu bermimpi untuk cepat bekerja, gue yakin lu ketika kerja nanti, pasti pengin balik lagi ke sekolah. Begitulah manusia. 

            Setelah lu mendapat pekerjaan, semua nggak berakhir di situ. Lu harus beradaptasi dengan pegawai lain, dengan bos dan lainnya, dan satu hal yang harus lu junjung tinggi di sini adalah budaya etos kerja dan etika. Yang semua ini lebih sering, setidaknya menurut gue, sebelumnya sudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari dalam keluarga.

            Itu gue rasakan sendiri. Segala hal yang diajari sama Bapak atau Ibu lu di rumah, sekurang-kurangnya disuruh untuk melakukan sesuatu oleh beliau, adalah bagian dari pelajaran berharga untuk dunia bekerja kelak. Semua itu sangat bermanfaat bagi bagaimana cara lu menyelesaikan pekerjaan nantinya.

            Dan jika lu di rumah sudah diajarkan sebebagai mana mestinya, pasti lu nggak bakalan kaget ketika terjun ke dunia kerja. Percaya deh, orangtua lu pasti berpikir, kalau mereka nggak mau anaknya tidak bisa apa-apa, terutama tentang mendapat pekerjaan. Mereka mau yang terbaik untuk anaknya.

(Afsokhi)
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Kamu Pembaca Ke

Random Post

Galeri foto

Galeri foto

Ikuti media sosial kami