Minggu, 23 Juli 2017



Oleh: Afsokh Q




Sekarang ini kalo ada suatu kejadian, pasti orang akan berlomba-lomba mengabadikannya lewat telepon genggam. Sekarang ndak kayak zaman dulu yang hpnya segede gaban, sekarang hp semakin langsing dan didukung juga sama aplikasi-aplikasi yang keren-keren. Apalagi kameranya udah bening banget, jadi kalo ada apa-apa, hawanya pengin moto aja gitu.
            Setiap orang juga agaknya ingin membentuk jati dirinya lewat media sosial. Bahwa ia ingin orang lain tahu bahwa ia menyukai dunia membaca, misalnya. Maka di akun media sosialnya akan penuh dengan foto buku-buku atau potongan quote favorite mereka, yang sekalian juga bisa buat kode si doi. Lain lagi kalau akun media sosial orang yang mengkampanyekan anti-pacaran.
            Tak jarang pula mereka mengunggah kejadian-kejadian yang terjadi di sekitar mereka dengan harapan banyak yang menyukai dan komentar. Itu setidaknya membuat kepuasan tersendiri buatnya. Intinya di sini adalah, semua orang ingin diakui dan ingin menunjukan jati dirinya lewat media sosial.
            Kenapa media sosial? Sebab media sosial tentu saja dimiliki oleh semua generasi anak muda sekarang. Jadi, lewat media sosial, akun kita juga tidak menutup kemungkinan dilihat juga sama si calon gebetan, nggak ada batas deh pokoknya.
            Dengan media sosial, orang menjadi lebih mudah mendapat informasi maupun memberikan informasi. Tapi, sampai di sini, informasi apakah yang kita dapat dan kita berikan?
            Apakah informasi itu bermanfaat atau hanya spam belaka? Atau yang lebih parah lagi, informasi itu barbau hoax.
            Untuk itu, di SMKN 11 Jakarta ada salah satu ekskul yang cocok buat semua siswa. Yakni Ekskul Jurnalistik. Ekskul ini belum lama terbentuk sih, tapi sudah lumayan banyak konten-konten yang sudah dibuat di dunia maya. Baik itu di media sosial maupun di web dan blog. 

pertemuan di luar sekolah untuk memperdalam materi kejurnalistikan.


            Melalui ekskul ini, siswa dapat mengekspersikan jati dirinya dan bertemu dengan orang-orang yang mempunyai kesukaan yang kurang-lebih sama. Yang jika semua itu disinergikan, maka bukan tidak mungkin akan ada kerja sama untuk membuat konten-konten kreatif di media sosial khususnya, dan dunia maya umumnya. Dan itu tentu saja membuatmu menjadi lebih keren.

salah satu anggota jurnalis sedang mewawancarai kru Metro Tv



            Itu juga bisa mengharumkan nama sekolah, juga nama kalian tentu saja.
            Tidak hanya itu, ekskul ini juga tidak meninggalkan dunia realita sebagai wadah anggotanya berkreasi. Ada kegiatan wawancara, membuat film pendek, dan banyak lagi.
            Intinya, ekskul jurnalistik itu sangat dekat dengan dunia remaja. Dan sangat cocok sebagai wadah kamu untuk mencari jati dirimu.***

           
Tentang penulis:
Penulis pas kecil pernah diceburin ke kali sama Bapaknya dan ditolong sama Omnya terus dibeliin ciki dapet hadiah jam tangan.
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Kamu Pembaca Ke

Random Post

Galeri foto

Galeri foto

Ikuti media sosial kami