Selasa, 15 Agustus 2017



Oleh: Annisa Zahra


Hari Sabtu biasanya adalah hari libur untuk para pelajar di Jakarta. Dan biasanya yang dilakukan oleh para pelajar di hari liburnya adalah 'bangun siang’, setelah itu menghabiskan waktu untuk bermain bersama teman-temannya atau hanya berdiam diri di rumah bersama ponsel kesayangannya. Tetapi pada Sabtu (12/8), di Monas, seluruh siswa SMK Negeri 11 Jakarta yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler Jurnalis menghabiskan hari liburnya dengan melakukan Latihan Gabungan. Mereka terdiri dari kelas 10, 11, 12 bahkan yang sudah lulus bersekolah di SMK Negeri 11 pun turut hadir di latihan kali ini. Latihan ini dihadiri oleh 47 anggota baru.
Kegiatan ini berlangsung di bawah pengawasan guru pembimbing Jurnalis Pelajar 11, yakni Ibu Venty. Latihan gabungan yang bertemakan “Mengenal Dunia Jurnalistik dan Kepenulisan” ini bermaksud untuk mengajak seluruh anggota baru jurnalis memahami apa itu jurnalis serta kegiatan-kegiatan di dalamnya. Para anggota baru diberikan materi tentang jurnalistik dan kepenulisan oleh ketua redaksi, Ka Nadya. Selain ketua redaksi, adapun alumni SMK Negeri 11 yang kebetulan adalah pendiri ekskul jurnalis di sekolah ini, Ka  Afsokhi, yang juga menjelaskan beberapa materi tambahan.




Kegiatan yang dimulai pukul 08.00 hingga pukul 14.45 ini juga diselingi oleh permainan-permainan seru. Diantaranya adalah permainan “jurnalis berkata” yang mengharuskan seluruh anggota jurnalis berkonsentrasi tinggi selama permainan berlangsung. Permainan memperkenalkan diri menggunakan 3 bahasa juga tidak kalah seru, pemenang permainan ini mendapat hadiah sebuah buku dari ketua redaksi. Ada juga permainan yang dimainkan berkelompok, seperti menggambar bergilir yang menghasilkan sebuah karya tak terduga. 
ketua redaksi, nadya


Permainan berkelompok yang lain adalah meng-upload foto ‘pohon’ yang ada di sekitar Monas dengan mencantumkan caption dengan kata kunci: jurnalis, pohon, dan bunuh diri di Instagram dengan hastag #nulisitukeren. Pemenang permainan tersebut diumumkan di akun instagram @jurnalisnya11 dan mendapat hadiah buku kumpulan cerpen berjudul “Jatuh Cinta Adalah Cara Terbaik untuk Bunuh Diri" karya Bernard Batubara yang diberikan oleh Ka Afsokhi.
Meski sempat ada kendala di tengah kegiatan, semua yang hadir tetap merasa senang karena banyak hal yang membuat mereka tertawa hingga sakit perut.
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Kamu Pembaca Ke

Random Post

Galeri foto

Galeri foto

Ikuti media sosial kami