Jumat, 21 Agustus 2015

Jurnalis pelajar 11, Pinangsia--Setiap upacara bendera, salah satu peran pentingnya adalah kesiapan dari pasukan pengibar bendera (paskibra) itu sendiri. Salah sedikit saja, maka akan fatal akibatnya, ditambah lagi, hal itu terlihat oleh semua peserta upacara.
“Kalo lagi pada saat pengibaran terjadi kesalahan-kesalahan kecil. Rasanya tuh pengen nangis. Udah latihan dalam waktu yang tidak sebentar, tapi masih aja pada saat pengibaran terjadi kesalahan,” ujar M. Jahari salah satu anggota paskibra  SMK N 11 Jakarta.



Menurutnya, keadaan paskibra di SMK 11 cukup memprihatinkan, “Kalo dibilang keadaan mah pasti prihatin banget. Udah gak ada pelatihnyaa terus gak disedian pakaian atau peralatan sejenisnya. Masa iya kalo ada pengibaran, anak-anak paskibrakanya yang ribet nyari pakaiannya (PDH & PDU). Kan aturan dari pihak sekolah udah disediain,” ucap pemilik akun twitter @Muhamadjahari_ itu.
Hingga kini, tidak cukup sering paskibra SMK 11 mengikuti perlombaan, sebabnya adalah kerena sekolah tidak mengizinkan. “Sekolah ngizininnya tuh perlombaan tingkat walikota/nasional. Sedangkan aja lomba-lomba tingkat seperti itu (tingkat walikota/nasional) jarang. Terus juga (kalau) kita mau ikut lomba, tapi perlengkapannya gak ada, mau gimana lagi?” curahatan hati si penggila warna merah itu, “sebenernya sih kita tuh udah dapet undangan perlombaan paskibraka dari sekolah-sekolah laen,” tambahnya.


Meski demikian, paskibra di SMK 11 tidak surut begitu saja, menurut pemantauan kami, kini makin banyak siswa baru mengikuti ekskul paskibra, bahkan mereka pun ikut mengibar ketika upacara memperingati hari kemerdekaan Indonesia.
Jahari mengungkapkan, alasan kenapa ia mengikuti paskibra, padahal ketika latihan, ia tampak sebagai satu-satunya anggota laki-laki, “Karena ingin mengabdi kepada negara melalui paskibra. Terus juga karena pengen ngibarin bendera merah putih setinggi langit,” tutup siwa yang memiliki tinggi 174 cm dan berat badan 56 kg itu.*** (AAB)

Baca juga yang ini



Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Kamu Pembaca Ke

Random Post

Galeri foto

Galeri foto

Ikuti media sosial kami