Selasa, 02 Mei 2017



Image result for meme sinetron
Gambar : Google.com



Kehadiran televisi di Indonesia di sisi lain layak untuk disambut, karena memberi pengaruh positif kepada pemirsa. Dengan kehadiran tayangan-tayangan bermutu dan layak untuk disimak, di sisi lain kehadiran televisi di indonesia membawa masyarakat kepada sesuatu yang  membahayakan, kehadiran acara-acara yang dulunya ditayangkan untuk hiburan saat ini ditayangkan untuk menaikan minat pemirsa tanpa melihat sisi negatifnya dari tayangan yang mereka produksi.

Saat ini Indonesia sedang marak akan produksi sinetron yang hampir semua stasiun televisi menyajikan tayangan sinetron, hampir setiap waktu stasiun tv menayangkan sinetron mulai dari pagi hingga larut malam, bahkan generasi muda ini lebih tertarik dan terpengaruh pada sinetron yang sedang marak, anehnya sinetron yang ditayangkan pertelevisian Indonesia dampak positifnya lebih sedikit dibandingkan dengan dampak negatif bagi generasi muda saat ini, seperti: kesehatan, kosentrasi, bahkan moral.

Banyak stasiun televisi yang menampilkan sinetron-sinetron yang sebenarnya diperuntukkan untuk orang dewasa, bukan untuk anak-anak dan remaja, ditambah lagi isi sinetron tersebut mengandung unsur percintaan dan kekerasan secara fisik maupun emosional yang kurang mendidik bagi generasi muda, sehingga anak kecil zaman sekarang sudah mengerti adegan orang dewasa atau bahkan sudah melakukannnya, padahal perbuatan tersebut sangat tidak patut dilakukan bagi anak-anak dibawah umur.

Sebuah penelitian American psychological association (APA) tahun 1995, mengatakan 
“Bahwa tayangan yang bermutu akan mempengaruhi seseorang untuk berlaku baik, dan tayangan yang kurang bermutu akan mendorong seseorang untuk berlaku buruk. Bahkan hampir semua prilaku buruk yang dilakukan seseorang adalah pelajaran yang mereka terima sejak kecil.”

Peranan orang tua saat ini sangatlah penting untuk mengontrol tayangan yang ditonton anak-anaknya, seperti mendampingi saat anaknya menonton, dan memberikan pemahaman tentang suatu tayangan yang disaksikan. 

Indonesia membutuhkan generasi yang teguh akan moral dan prinsipnya demi kemajuan negara ini. Moral dan prinsip itu penting dan harus dipupuk sedini mungkin, jangan sampai hal-hal kecil malah memperburuk keadaan moral dan prinsip bangsa yang sebenarnya. Untuk itu, kita harus membiasakan menonton tayangan televisi secara sehat sejak usia dini, demi berkembangnya tayangan-tayangan yang lebik mendidik dan bermoral tinggi.

(Penulis Jurnalis 11)
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Kamu Pembaca Ke

Random Post

Galeri foto

Galeri foto

Ikuti media sosial kami